RESENSI BUKU
(Tugas Ujian
Akhir Semester)
Nama Mahasiswa : Irvan Khoiri
NPM : 1422010030
Konsentrasi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas : B
Semester : 1 (Satu)
Program Pasca
Sarjana IAIN Raden Intan Lampung
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Manajemen Mutu Pendidikan
Islam (Model Pengembangan Teori dan
Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu)
Penulis : Dr. Deden Makbuloh,
M.Ag.
Penerbit : Raja Grafindo Persada
Jakarta
Tahun Terbit : 2011
Tebal Buku : 333 hlm, 21 cm
BIOGRAFI PENULIS
Dr.
Deden Makbuloh, M.Ag. lahir di Ciamis, 03 mei 1973. Memperoleh gelar sarjana
(S1) IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI tahun
1994-1998, gelar Magister (S2) IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Pendidikan
Islam tahun 1999-2001, dan gelar Doktor (S3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,
Pendidikan Islam Tahun 2004-2010, serta Short course, The University of
Melbourne Australia, November-desember 2009.
Saat
ini berprofesi sebagai Dosen IAIN raden Intan (S1 dan S2), Dosen Universitas
Lampung, Dosen Universitas Muhammadiyah Lampung, Kepala Pusat Penjaminan Mutu
Pendidikan IAIN Lampung, dan Wakil Dekan Fakultas Agama Islam UM Lampung.
Dengan berbagai mata kuliah yang ditampung, Pendidikan Agama Islam, Manajemen
Pendidikan Islam, Materi Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran PAI, Desain
Pembelajaran PAI, Ilmu Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam, dan Aplikasi
Metode Penelitian PAI.
KEKURANGAN
Terdapat
beberapa kalimat yang diulang-ulang pada bagian di setiap bab nya dan
penggunaan bahasanya banyak menggunakan istilah-istilah yang tidak semua kalangan
dapat dengan mudah untuk memahaminya, sehingga hanya kalangan-kalangan tertentu
saja yang dapat memahami buku ini.
KELEBIHAN
Buku ini dibahas secara analitis, kritis dan komprehensif
dikaitkan dengan kasus-kasus yang sering dihadapi umat manusia yang
berkecimpung dalam dunia pendidikan. Sehingga
memberikan solusi dalam meningkatkan mutu pendidikan.
ISI BUKU
Teori manajemen mutu menjadi
kebutuhan dalam mengelola lembaga-lembaga pendidikan hingga era persaingan
merebut jaminan mutu. Beberapa teori yang berkembang dalam manajemen mutu
sebagai upaya untuk meningkatkan dan menjamin mutu, yaitu quality control (QC),
quality assurance (QA), total quality control (TQC), total
quality management (TQM), dan school base management (SBM). Melalui
pendidikan, nilai-nilai suatu bangsa dapat ditanamkan, ideologi-ideologi dapat
dipertahankan, dan ilmu-ilmu dapat disebarluaskan. Suatu bangsa menjadi maju
dan besar karena majunya system pendidikan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu
pendidikan sangat beragam, yaitu : pemeliharaan gedung yang baik, guru-guru
yang professional, nilai moral tinggi, hasil ujian yang unggul, dukungan orang
tua, bisnis, dan masyarakat, bahkan penerapan teknologi, kekuatan kepemimpinan,
pemeliharaan dan perhatian terhadap pelajar, kurikulum yang tepat, atau
perpaduan berbagai faktor. Seluruh komponen yang terkait dengan mutu pendidikan
perlu dikelola dan dikaitkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
serta kebutuhan masyarakat lokal, nasional maupun internasional. Manajemen mutu
pendidikan yang baik akan menghasilkan output pendidikan yang bermutu tinggi.
Masalah
mutu pendidikan erat kaitannya dengan model manajemen yang diimplementasikan
dalam lembaga pendidikan tersebut. Oleh karena itu, manajemen mutu perlu
dikelola dengan baik oleh seluruh komunitas lembaga pendidikan, sehingga
benar-benar sejalan dengan perekembangan teori dan dinamika kebutuhan realitas
yang berkembang dalam masyarakat. Dalam bidang pendidikan, mutu lulusan baru
dapat dinilai mutunya apabila mereka telah memiliki kemampuan sesuai dengan
perencanaan dalam kurikulum yang ditetapkan. Hakikatnya manajemen merupakan
seperangkat pengetahuan tentang ontology, epistemology dan aksiologi dalam
rangka menemukan solusi atas masalah-masalah organisasi.
Keberhasilan
penerapan manajemen mutu dalam system pendidikan ditentukan oleh komitmen dan
kerja sama yang baik antara departemen pendidikan pusat, departemen pendidikan
daerah serta sekolah dan perguruan tinggi dalam melaksanakan perencanaan,
proses kegiatan dan evaluasi terhadap hasil.
System
pendidikan nasional menghendaki peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan
secara berencana dan berkala, peningkatan mutu pendidikan tersebut didasarkan
atas standar nasional yang dipergunakan sebagai acuan untuk pengembangan
kurikulum, tenaga pendidikan, sarana, prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan
pendidikan (Pasal 35 Ayat [92]).
Pembaruan
system pendidikan berupaya agar madrasah menjadi suatu system yang lebih
relevan dengan kebutuhan kini, disini dan masa depan, maka madrasah harus siap
dan mampu melakukan pengembangan model-model dan/ atau pola-pola baru dalam hal
penyelenggaraan program pendidikan untuk penyempurnaan kekurangan system
pendidikan yang sedang berjalan dan sekaligus menjembatani tuntutan dan
tantangan baru melalui tiga pendekatan profesionalisasi, efisiensi, dan
efektivitas.
Pendidikan
madrasah dalam system penjaminan mutu pendidikan nasional perlu memiliki
delapan standar nasional pendidikan yaitu standar isi, proses, kompetensi
lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,
pembiayaan, dan penilaian. Madrasah dalam system pendidikan nasional harus
melaksanakan manajemen mutu.
Banyak
faktor yang menentukan keberhasilan peningkatan mutu pendidikan di madrasah.
Kunci utamanya terletak pada manajemen mutu madrasah, khususnya dari perilaku
kepemimpinan kepala madrasahnya. Namun demikian, upaya perbaikan mutu
pendidikan di madrasah tetap harus dilaksanakan secara menyeluruh, dengan
diawali oleh perbaikan terhadap mutu input, proses pembelajaran, dan output
siswanya yang mendapat dukungan penuh dari tenaga pendidik maupun tenaga
kependidikan yang memiliki sejumlah kompetensi dan kualifikasi yang sepadan
dengan tugasnya.
KESIMPULAN
Teori
manajemen mutu menjadi kebutuhan dalam mengelola lembaga-lembaga pendidikan
hingga era persaingan merebut jaminan mutu. Komponen-komponen utama pendidikan
yang perlu dijamin mutunya adalah guru, siswa, kepala sekolah, tenaga
kependidikan, kurikulum, proses pembelajaran, media, sarana prasarana, dan
evaluasi. Jika semua komponen pendidikan tersebut bermutu tinggi, maka secara
total citra kelembagaan akan meningkat dan terpercaya dikalangan masyarakat
luas baik nasional maupun internasional.
M30 - micro touch titanium trimmer - Tioga Rocks - Titanium Arts
BalasHapusM30. We infiniti pro rainbow titanium flat iron are looking for best titanium flat iron one of our more authentic designs titanium damascus knives with our titanium ion color unique aluminum core that adds a touch of realism cerakote titanium to your guitar project.